5 Cara 'Mengumpulkan Nyawa' di Pagi Hari Tanpa Kopi


Kecanduan kopi membuat beberapa orang susah sekali mengawali aktivitas di pagi hari kalau belum mencicipi kopi. Seolah-olah, nyawanya ada di secangkir kopi. Bagaimana caranya lepas dari ketergantungan ini?

Dikutip dari detik.com berikut ini beberapa cara untuk mengumpulkan nyawa di pagi hari tanpa harus mengandalkan kopi.

1. Lakukan peregangan



Beberapa jenis gerakan peregangan bisa membangkitkan semangat di pagi hari. Salah satunya fish pose, yakni berbaring lalu meletakkan tangan di pinggul. Selanjutnya, angkat bahu lalu dongakkan kepala. Fish Pose merupakan salah satu pose yoga yang efektif untuk menstimulasi tubuh.

2. Makan apel




Daripada asam lambung naik gara-gara kopi, mengunyah apel tentu memberikan lebih banyak kelebihan. Kandungan gula dan karbohidrat alaminya membantu meningkatkan kadar gula darah dengan cepat, sama halnya dengan buah lainnya seperti pisang. Buah-buahan juga memberikan asupan serat yang penting untuk sistem pencernaan.

3. Bergerak!



Bangkit dari tempat tidur, lalu olahraga. Tidak ada cara lain yang lebih sehat untuk membangkitkan semangat di pagi hari, selain melakukan aktivitas fisik. Olahraga baupun aktivutas fisik lainnya meningkatkan endorfin, yakni hormon yang memberikan rasa senang dan bersemangat.

4. Berjemur



Jika benar-benar sedang tidak mood untuk olahraga, setidaknya keluar kamar lalu hirup udara segar di luar ruangan. Rasakan juga hangat sinar mentari di pagi hari, yang terbukti secara ilmiah bisa meredakan stres dan kelelahan. Matahari pagi juga penting untuk kesehatan tulang.

5. Mandi air dingin


Mandi pagi, enaknya memang menggunakan air hangat. Namun sengatan dingin di pagi hari kadang-kadang justru efektif untuk meredakan stres dan membangkitkan semangat. Kalaupun sedang tidak enak badan sehingga tidak mungkin mandi air dingin, coba untuk sekedar mencuci muka dengan segayung air dingin.
5 Cara 'Mengumpulkan Nyawa' di Pagi Hari Tanpa Kopi 5 Cara 'Mengumpulkan Nyawa' di Pagi Hari Tanpa Kopi Reviewed by Terbelit Editor on Selasa, November 11, 2014 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.