10 Kebiasaan Sehat Yang Seharusnya Kamu Lakukan Sejak Usia 20-an

 buah

1. Tidur tujuh hingga delapan jam setiap hari

tidur giphy
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang tidur kurang dari tujuh jam cenderung mati muda. Dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur lebih dari sembilan jam juga akan mengalami masalah. Dr Timothy Morgenthaler, presiden American Academy of Sleep Medicine, dalam sebuah wawancara dengan Wall Street Journal, mengatakan tidur selama tujuh sampai delapan jam adalah yang terbaik.

2. Menyatu dengan alam

jalan2 sunvalley
Semakin banyak penelitian menunjukkan betapa penting orang-orang menyatu dengan alam. Dan bahkan di dekat ruang hijau akan sangat membantu. Misalnya, orang yang tinggal dekat di ruang hijau lebih lebih sehat daripada mereka yang hidup lebih jauh dari ruang hijau. Hal tersebut diungkapkan dalam sebuah studi 2009 yang dipublikasikan di Journal of Epidemiologi & Community Health. Orang yang hidup di dekat ruang hijau memiliki gangguan kecemasan lebih rendah dan penyakit menular lebih sedikit pada sistem pencernaan.

3. Bersenang-senang bersama teman

jalan2 buzzfeed
Apa gunanya memiliki seorang sahabat? Menurut sebuah penelitian, orang - orang memiliki rasa sosial yang tinggi (seperti memiliki banyak teman) memiliki banyak manfaat kesehatan. Sedangkan orang yang memiliki ikatan sosial rendah cenderung memiliki taraf kesehatan lebih buruk.
Ditambah, cinta dan persahabatan membuat segalanya jauh lebih baik. Jadi cepat ajak teman-temanmu untuk nongkrong bareng di kafe.

4. Jangan merokok. Dan jika kamu perokok, berhentilah segera

jalan2 jeremysengly
Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam New England Journal of Medicine, seorang perokok akut kehilangan 10 tahun dari kehidupan mereka. Di sisi baiknya, berhenti merokok sebelum usia 35 tahun dapat menghilangkan resiko tersebut. Jadi semakin cepat kamu berhenti, semakin lama kamu akan hidup.

5. Masak sendiri makananmu di rumah

jalan2 openrice
Satu studi dari Cambridge University menemukan bahwa orang Taiwan akan berumur lebih panjang karena mereka memasak sendiri makanan mereka di rumah dibandingkan mereka yang membeli makanan.
Dengan demikian, memasak makanan sendiri dapat memberikan kontrol yang lebih besar dengan apa kandungan dalam makananmu. Kamu dapat membuat sendiri bahan makanan sehat ; juga mengkontrol porsi dan kesegaran bahan jika kamu memasak untuk diri sendiri.

6. Makan lebih banyak buah dan sayuran

buah rawfullyorganic
Menurut sebuah studi dari Harvard, orang yang makan LEBIH banyak buah-buahan dan sayuran memiliki RESIKO penyakit jantung lebih rendah.
Terutama jika kamu suka yang serba hijau, sayuran hijau; salad sayuran; dan buah jeruk.

7. Berhenti minum soda

buah giphy
Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Circulation American Heart Association, berdasarkan pada lebih dari 6.000 peserta di Framingham Heart Study, minum satu atau lebih banyak softdrink dalam sehari akan dekat dengan:
  • Risiko lebih besar dari sindrom metabolisme
  • Lingkar pinggang lebih besar
  • Obesitas
  • Kadar Glukosa tidak normal
  • Tekanan darah lebih tinggi
  • Tingkat kolesterol tinggi

8. Minum lebih banyak air putih

buah giphy
Minum air putih minimal 8 gelas sehari akan membuat tubuhmu fit!

9. Banyak Olahraga

buah gifbay.
Berolahraga akan membuat jantungmu sehat!

10. Minum antibiotik kalau memang sangat diperlukan

buah buzzfeed
Itu berarti mencampurkan Amoksisilin dan Tylenol untuk batuk jika kamu sedang pilek atau flu. Antibiotik hanya mengobati bakteri, dan tidak efektif terhadap virus. Dan semakin banyak antibiotik yang kamu telan, semakin banyak resiko ketahanan terhadap antibiotik, yang nantinya Antibiotik tidak akan mempan lagi menghadapi penyakit.
10 Kebiasaan Sehat Yang Seharusnya Kamu Lakukan Sejak Usia 20-an 10 Kebiasaan Sehat Yang Seharusnya Kamu Lakukan Sejak Usia 20-an Reviewed by Terbelit Editor on Jumat, Oktober 24, 2014 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.